PEMBINAAN UMKM: Pemberdayaan Dinilai Belum Jadi Agenda Utama

13 Mei 2014 10:03:13
Bisnis.com, JAKARTA -- Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dipandang belum menjadi agenda utama di Indonesia. Padahal tulang punggung perekonomian Indonesia adalah UMKM.

Kepala Daya Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) David Freddynanto mengatakan pemberdayaan UMKM belum begitu digenjot karena kebanyakan para calon pekerja mengincar karir di perusahaan.

“Padahal ada dunia sosial yang menjadi tanggung jawab kita,” ujarnya dalam acara bedah buku berjudul Daya, Kisah Inspiratif untuk Dayakan Indonesia, di Universitas Indonesia, Rabu (7/4/2014).

David mengakui usaha di bidang mikro memang bukan hal yang mudah. “Karena itu melalui buku ini (Daya, Kisah Inspiratif untuk Dayakan Indonesia), dapat menjadi inspirasi sehingga mereka gampang menghadapi itu,” tutur David.

Dalam kesempatan yang sama, penulis buku 9 Summers 10 Autumns, Iwan Setiawan mengungkapkan untuk melakukan pemberdayaan tak perlu menjadi sukses terlebih dahulu.

“Apalagi sekarang pasar kita akan ‘diserang’ pengusaha dari negara lain, jadi waktu yang kita punya semakin sedikit,” ungkap Iwan.

Senada, Riyeke Ustadiyanto menjelaskan para calon pekerja sebaiknya tidak mencari kekayaan dalam bekerja.

“Pola pikirnya harus diubah, bukan mencari uang, tapi buatlah uang mencari kita,” kata Riyeke.

Ia menambahkan, orang yang sukses sebenarnya tak hanya mampu memberdayakan diri sendiri, tapi mampu memberdayakan masyarakat di sekitarnya

Penulis : SysAdmin
Hit Rank: 536