KINERJA REKSA DANA: Pertumbuhan Dana Kelolaan Turun Tajam

12 September 2012 12:28:21
Dewi Andriani
Rabu, 12 September 2012 | 11:23 WIB


JAKARTA: Ketidakmenentuan tren pasar global yang terjadi sepanjang tahun ini menyebabkan pertumbuhan dana kelolaan reksa dana saham sampai Agustus ini menurun tajam dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Sebaliknya, penurunan yang terjadi pada pasar obligasi di Semester I/2012 yang disinyalir membuat kondisi pasar relatif “murah”, justru menarik investor beralih ke dalam reksa dana pendapatan tetap, selain karena performa yang cukup baik pada tahun lalu.

Berdasarkan data PT Infovesta Utama, pertumbuhan dana kelolaan reksa dana saham per 31 Desember hingga 31 Agustus 2012 hanya sebesar 2,73%. Sementara pada tahun lalu di waktu yang sama, dana kelolaan cukup tinggi hingga mencapai 26,23%.

Sedangkan reksa dana pendapatan tetap pada tahun ini menunjukan performa sangat baik yang tumbuh hingga 18,92%, berbeda dengan tahun lalu yang hanya 2,5%. Sementara untuk reksa dana campuran, pertumbuhan dana kelolaan tahun ini sedikit lebih tinggi dibandingkan reksa dana saham yakni sebesar 2,97%, namun masih lebih rendah dibandingkan pertumbuhan pada tahun lalu, 4,16%.

“Pertumbuhan dana kelolaan reksa dana saham tahun lalu sangat tinggi meskipun rata-rata reksa dana kinerjanya turun karena investor melakukan subscription. Sementara tahun ini justru relatif rendah karena investor masih ragu-ragu untuk masuk karena melihat kenyataan belum ada tren yang jelas pada pasar saham global,” ucap Analis PT Infovesta Utama Edbert Suryajaya melalui surat elektronik kepada Bisnis, Rabu (12/8).

Begitu pula bila dilihat dari sisi pertumbuhan unit penyertaan hingga akhir Agustus tahun ini, hanya reksa dana saham yang menunjukan penurunan cukup dalam dari 44,84% di tahun 2011, pada Agustus ini hanya sebesar 6,45%.

Sedangkan untuk reksa dana campuran yang pada Agustus 2011 masih terkoreksi 0,75%, di tahun ini naik menjadi 8,41%. Pertumbuhan paling tinggi tampak pada reksa dana pendapatan tetap yakni dari -3,99% di tahun lalu, tumbuh menjadi 19,15% pada akhir Agustus ini. (yus)

Penulis : SysAdmin
Hit Rank: 465
Download File : KINERJA REKSA DANA.doc