IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK DAN PROFIL NASABAH DITINJAU DARI SUDUT PANDANG SOSIO CULTURE DALAM PENETAPAN STRATEGI PENETRASI PASAR PADA PT. BANK SYARIAH XYZ KCP JOMBANG

01 Mei 2013 11:17:06
WENDA WAHYU CHRISTIYANTO
Bidang perbankan syariah akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat , tak terkecuali di wilayah kota Jombang dan sekitarnya khususnya. Era tahun 1999-an, setelah badai krisis ekonomi menghantam perekonomian Indonesia seolah-olah pertumbuhan perbankan syariah mulai menggeliat dan menunjukkan perkembangan yang signifikan di Indonesia. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya perbankan syariah baru bermunculan hampir di seluruh wilayah pelosok Indonesia termasuk di wilayah Jombang dan sekitarnya sehingga persaingan jasa perbankan syariah menjadi semakin ketat, bahkan mampu bersaing dengan perbankan konvensional.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui karakteristik dan profil nasabah berdasarkan identitas responden dan perilaku ( faktor sosio-culture ) dari nasabah eksisting PT. Bank Syariah XYZ KCP Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan karakteristik dan profil dari nasabah Tabungan, Giro dan Deposito berdasarkan faktor Budaya, Sub Budaya, Kelas Sosial, Keluarga, Kelompok Referensi serta Peran dan Status.

Penulis : SysAdmin
Hit Rank: 579