CHI SQUARE UNTUK ANALISIS KESIAPAN DAN TANGGAPAN PELANGGAN .....DALAM RENCANA PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE

30 Mei 2013 16:26:19
Globalisasi menyebabkan persaingan kian ketat, suatu perusahaan kini tidak hanya menghadapi persaingan domestik, tapi juga persaingan dari perusahaan luar negeri. Untuk dapat mempertahankan pasarnya, perusahaan harus mengembangkan sistem pemasarannya dengan memanfaatkan dukungan TI khususnya internet, salah satu perusahaan di Indonesia yang mulai
menyadari pentingnya peranan internet adalah PT. Lion Wings, PT. Lion Wings berencana untuk segera menghadirkan bisnisnya di internet dengan melalui website sebagai usaha untuk mengatasi peningkatan keluhan dari pelanggan, meningkatkan pelayanan bagi pelanggan serta meningkatkan pangsa pasar perusahaan.

Dalam penelitian terhadap rencana penerapan pemasaran berbasis web PT. Lion Wings, metode yang digunakan adalah penelitian deskripstif dengan jenis studi kasus terhadap kesiapan (dengan indikatornya yaitu ketersediaan komputer pada pelanggan, ketersediaan akses internet, dsbnya) dan tanggapan pelanggan (dengan indikatornya reaksi terhadap rencana pemasaran online ini, dsbnya) terhadap rencana pemasaran online PT. Lion Wings). Pengumpulan data
dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada para pelanggan PT. Lion Wings serta mewawancarai pihak manajemen PT. Lion Wings.

Data dari penyerahan kuesioner tersebut kemudian diolah dengan menggunakan Chi Square, hasil penelitian menunjukan adanya tanggapan dan kesiapan yang positif dari para pelanggan, sedangkan analisis terhadap kesiapan internal PT. Lion Wings menunjukan bahwa PT. Lion Wings telah memiliki keunggulan kekuatan internal yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang yang dimiliki oleh pemasaran berbasis web, hasil penelitian ini diharapkan akan bermanfaat bagi pengembangan rencana penerapan pemasaran berbasis web dari PT. Lion
Wings.

Penulis : SysAdmin
Hit Rank: 571