Perbanyak Produksi LED

15 September 2012 08:57:07
SURYA, Online PASURUAN - Panasonic mulai memperbanyak produksi lampu hemat energi LED tahun ini. Selama ini, produksi lampu lebih didominasi lampu jenis CFL (Compact Fluorescent Lamp).

General Manager HRD Personel and General Affair PT Panasonic Lighting Indonesia, Pitoyo mengatakan, cost produksi lampu LED mahal sedangkan kami lebih banyak menyasar pasar menengah ke bawah.

"Sementara cost LED kami yakin tidak akan turun menyamai CFL, hanya akan ada selisih harga. Jika sekarang harganya 10 kali lipat, tahun depan lima kali lipat, lalu tahun berikutnya tiga kali lipat. Harga bahan baku semikonduktornya masih mahal dan kami masih impor dari China dan Jepang," jelasnya di sela kunjungan pabrik lampu Panasonic di kawasan industri PIER, Jumat (14/9/2012).

Tren dunia untuk pasar lampu memang mengarah ke LED, dan Panasonic mencoba melakukan terobosan langsung dengan LED ramah lingkungan.

Saat ini, dari kapasitas produksi pabrik dua juta pieces per bulan hanya 300.000 unit yang LED atau sekitar 15 persennya.

"Memang harga LED mahal tapi lebih tahan lama, meski demikian keunggulan CFL light capsule ECO Panasonic ini adalah lebih terang dibandingkan merek lain," yakinnya.

Diakuinya, penetrasi pasar lampu Panasonic di Indonesia memang belum kuat karena selama ini mengandalkan pasar ekspor.

"Di tingkat ritel kami belum masuk ke seluruh gerai ritel moderen dan ritel bangunan, tapi lebih mengandalkan distributor besar. Tahun depan setelah kapasitas produksi naik 20 persen tiap tahunnya, kami akan memperkuat pemasaran ke ritel moderen," jelasnya.

Kapasitas produksi pabrik lampu Panasonic di Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) saat ini 24 juta selama 2012 dan setiap tahunnya ditargetkan tumbuh 10-15 persen sehingga pada 2015 menjadi 30 juta unit per tahun.
Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m/

Penulis : SysAdmin
Hit Rank: 1121
Download File : Perbanyak Produksi LED.doc